Festival Masa Orientasi Mahasantri Mabna Syarifah Mudaim 2022

Suasana Masa Orientasi Mahasantri Mabna Syarifah Muda’im

Mabna Syarifah Mudaim mengadakan rangkaian acara untuk menyambut mahasantri baru yang dikenal dengan MOSA (Masa Orientasi Mahasantri) pada tanggal 27 Agustus – 04 September 2022, MOSA tahun ini mengusung tema “Strengthen Our Solidarity to Get Integrity” dengan tujuan MOSA dapat menjadi wadah pemererat solidaritas dan ukhuwah seluruh keluarga ma’had serta menciptakan pribadi yang berintegritas tinggi. MOSA tahun ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu: Opening, Games, Mudabbiroh Show, Usbu’ul Qur’an dan Pentas Seni Mahasantri. Seluruh rangkaian acara diadakan di aula utama Mabna Syarifah Sudaim secara offline, hal ini merupakan bentuk kesyukuran atas keberhasilan melewati masa pandemi serta bentuk semangat baru dari pengasuh dan para mudabbiroh untuk membimbing dan mendampingi adik-adik mahasantri angkatan 2022-2023 selama di ma’had al Jamiah.  

Acara yang diikuti oleh seluruh mahasantri dan mudabbiroh berjalan dengan lancar dan khidmad. dari acara awal yaitu opening di tanggal 27 Agustus yang dibuka oleh Ustadzah Alfisyah, S.Ag selaku murabbiyah MSM, yang langsung dilanjut dengan senam bersama dan out bond di lapangan hijau ma’had. Out bond berisi perlombaan-perlombaan edukatif yang menyenangkan, seperti estafet sarung, balap karung, lomba makan krupuk dan goyang kursi. Acara ini diadakan untuk menumbuhkan jiwa kerjasama, gotong royong dan sportifitas, baik mahasantri sebagai peserta perlombaan, maupun mudabbiroh selaku juri perlombaan.

Di malam 28 Agustus, mudabbiroh Mabna Syarifah Mudaim unjuk bakat didepan seluruh mahasantri, acara yang disebut juga dengan mudabbiroh show ini berisi penampilan-penampilan, mulai dari penampilan kitab kuning, hifdzil qur’an dan penampilan-penampilan seni, seperti marawis, drama dan tari daerah. Mudabbiroh show bertujuan untuk memotivasi dan memberikan contoh kepada adik-adik mahasantri untuk percaya diri dan terus menggali potensi diri. Diacara ini, panitia juga mengundang para alumni mudabbiroh 2021/2022 sebagai apresiasi atas pengabdiannya kepada ma’had al Jamiah. Para alumni mudabbiroh juga menampilkan bakat bernyanyi yang lirik-liriknya berisi nasihat dan motivasi yang ditujukan kepada adik-adik mahasantri dan para mudabbiroh.

Rangkaian acara selanjutnya adalah Usbu’ul Qur’an, seperti namanya yang berarti “Pekan al-Qur’an” kegiatan ini adalah pekan mahasantri dan mudabbiroh untuk mengkhatamkan al-qur’an setiap hari, meningkatkan tahsin dan tajwid al Qur’an, dan tidak hanya itu, sebelum khataman al-qur’an seluruh mahasanti akan sholat tahajud terlebih dahulu, kegiatan ini dilaksanakan selama seminggu untuk membiasakan diri bangun pagi dan sholat tahajud serta selalu dekat dengan al-qur’an, usbu’ul qur’an dibuka dengan mauidzah hasanah dari Pak kepala UPT Ma’had al Jamiah Dr. KH. Akhmad Sodiq, M.A. pada tanggal 29 Agustus 2022. Beliau menyampaikan tentang kemuliaan al-Qur’an dan urgensi menjaganya, beliau juga menyampaikan bahwa barangsiapa yang hidupnya selalu berpegang kepada al-Qur’an maka hidupnya akan bahagia dan selalu merasa cukup. Usbu’ul Qur’an dilaksanakan dari tanggal 29 Agustus hingga 3 September 2022.

Dan acara yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasantri adalah malam puncak yaitu malam Pentas seni mahasantri. Malam puncak ini dilaksanakan pada tanggal 4 September 2022, Bunda Nailil Huda, M.Ed. selaku pengasuh memberikan sambutan, kuliah umum, dan motivasi kepada seluruh peserta MOSA. acara Pentas Seni Mudaim ini berisi penampilan-penampilan mahasantri perwakilan lorong yang penuh dengan kreatifitas dan ide-ide baru dari para mahasantri. Acara yang sangat luar biasa ini mendapat apresiasi dari Bunda Nailil, para murabbiyah dan mudabbiroh Mabna Syarifah Mudaim, hal ini ditunjukkan dengan adanya reward hadiah-hadiah menarik kepada para peserta terbaik sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih atas kesungguhannya selama mengikuti festival MOSA dari awal hingga akhir.

Red : Anis, Nailil

Late post. Kegiatan sudah terlaksana pada 27 Agustus hingga 4 September 2022 .