Tips Public Speaking untuk Pemula

   

Oleh : Eko Triono (Mudabbir Mabna Syekh Abdul Karim)

Banyak orang yang menganggap kalau berbicara di depan umum itu mudah dan sering kali mereka mengejek jika ada orang yang salah berbicara di depan umum. Sedangkan mereka sendiri belum tentu bisa berbicara dengan baik di depan umum. Berbicara di depan umum atau populer disebut dengan istilah public speaking walaupun terlihat sangat mudah dan sepele karena hanya perlu berbicara di depan orang  dan memberikan tips-tips dari sebuah masalah, tetapi buktinya hal ini sangat sulit untuk dilakukan terutama untuk seorang pemula.

Kali ini, Eko Multitalenta akan berbagi tips buat sobat-sobat yang ingin belajar, terlebih jika kalian akan terjun didunia Organisasi. Public speaking adalah kunci utama. Berikut ini tips-tipsnya, check this out:

  1. Kuasai Materi

Sebelum berbicara di depan umum, pastikan kita menguasai materi. Jika tidak menguasainya, sama saja dengan mempermalukan diri sendiri.

  1. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti. Karena materi bukan hanya untuk pembicara, namun juga untuk para pendengar. Banyak orang yang tidak mengerti dan tidak paham tentang apa yang telah disampaikan pemateri. Ini merupakan kesalahan fatal bagi si pemateri.

3.  Berlatih berbicara di depan cermin

Berlatihlah berbicara melatih lidah, penilaian terbaik ialah kita sendiri. Karena kita yang paham apa kekurangan dan kelebihan yang kita miliki, sehingga berlatih berbicara di depan cermin merupakan salah satu metode yang tepat.

  1. Berbicara dengan orang lain sebelum tampil.

Ini adalah metode untuk mengurangi gugup atau rasa takut. Ibaratnya kita harus melakukan pemanasan, yaitu berbicara dengan orang lain.

  1. Senam Bibir dan Lidah

Lakukan senam bibir dan lidah sebelum tampil, agar terbiasa dan tidak ragu. Juga dalam pengucapan huruf juga jelas khsususnya A,I,U,E,O.

  1. Gunakan seni berbicara

Pahami nada dan pembicaraan. Tahu dimana saat berbicara santai, cepat, lembut, keras dan berhenti. Sehingga dengan ini mempermudah para pendengar untuk memahami isi pembicaraan serta agar tidak membosankan.

  1. Gunakan bahasa tubuh

Gunakan bahasa tubuh saat berbicara agar materi tidak membosankan dan juga membuat kita rileks dan santai. Serta bahasa tubuh juga memberikan kesan serta pemahaman yang lebih.

  1. Percaya diri dan semangat

Percaya dirilah dan terus semangat, karena pembicara adalah pembawa suasana, baik buruknya acara ditentukan pembicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.