“TOREHLAH PRESTASI KEJARLAH MIMPI (3)”

juara-3-gamais

Berita Ma’had. Mudabbir Ma’had Al-Jami’ah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Mabna Syaikh Nawawi meraih prestasi dalam lomba karya tulis Alquran (LKTA) tingkat nasional Gamais Islamic Fair 2016 yang diselenggarakan oleh Keluarga Islam Mahasiswa (Gamais) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang (30/10).

Mereka terdiri dari Ahmad Zaki Muntafi (FSH), Acep Lukmanul Hakim (FITK), serta Pardiana (FITK). Sebelumnya mereka telah mempresentasikan karyanya pada Sabtu siang (29/10). Namun, sebelumnya harus mengikuti seleksi paper yang dikirim oleh seluruh mahasiswa di Indonesia hingga lolos finalis untuk memasuki babak final.

Mereka mendapat juara III setelah harus bersaing dengan Universitas Brawijaya yang mendapat juara II, serta Universitas Negeri Malang yang mendapat juara I. Namun, mereka juga harus bersaing dengan beberapa universitas mulai dari Papua hingga Sumatera yang lolos ke babak final.

Dengan mengangkat tema ekoteologi dengan pendekatan kekeluargaan dan kewirausahaan mampu menarik perhatian juri pada saat presentasi (29/10). Selain itu, spirit presentasi yang mereka gunakan dengan memadukan budaya lokalitas juga menjadi perhatian sendiri bagi dewan juri dan peserta lainnya. Nilai-nilai Alquran sebagai nilai fundamental Islam dikembangkan dalam refleksi keilmuan yang disusun secara sistematis dalam sebuah karya tulis.

Mereka berharap mampu memacu mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk berpartisipasi dalam kompetisi di antara perguruan tinggi di Indonesia. Tidak hanya pada kajian Alquran, tetapi juga pada kompetisi lainnya. Hal itu dikarenakan mahasantri harus memiliki integritas keilmuan yang yang sejajar dengan realitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.