Ujian Akhir Mabna Syarifah Mudaim 2019

UAS Mabna Syarifah Mudaim

Tak terasa satu semester sudah berlalu, sudah saatnya mahasantri beristirahat dengan seluruh kegiatan kema’hadan. Namun, bukan berarti setelah ujian akhir mahasantri diizinkan untuk meninggalkan beberapa kegiatan, seperti shalat shubuh dan maghrib berjamaah, serta hafalan hadis-hadis pilihan yang masih tetap berjalan.

Suasana belajar bersama

Kegiatan di Mabna Syarifah Mudaim bisa dikatakan sangat bervariasi dan tentu memakan waktu yang cukup banyak diluar kegiatan wajib di kampus. Dari bangun untuk shalat shubuh berjama’ah sampai tidur lagi, seluruh kegiatan sudah diatur sedemikian rupa, agar bimbingan keagamaan non akademik di Ma’had Al-Jami’ah benar-benar memberikan ilmu dan pengalaman yang nantinya menjadi bekal untuk melanjutkan kehidupan mereka masing-masing.

Sharing bersama mentor ekskul

Seluruh kegiatan pun di awal Desember ini sudah selesai, baik dari pembinaan malam, morning activities, dan ekstrakurikuler pun sudah melaksanakan ujian akhirnya. Seperti pembinaan tafsir, hadis, fiqih, serta muhadharah bahasa arab dan inggris sudah berakhir di pertengahan November. Untuk ujian akhir kegiatan morning activities dan ekstrakurikuler diadakan seminggu setelah UAS pembinaan. Di mabna syarifah mudaim sendiri ada beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan setelah shalat shubuh setiap harinya, diantaranya di hari senin dimulai dengan pengembangan bahasa arab, selasa untuk pengembangan bahasa inggris, hari Rabu untuk tahsin, Kamis untuk kegiatan seni Tilawah dan murottal, Jumat untuk kegiatan tahfidz,dan hari sabtu untuk qiraatul kutub. Selain itu, MSM juga mewadahi bakat-bakat mahasantri dengan kelas-kelas ekstrakurikuler, seperti marawis, angklung, nasyid, language castle, qa’atul lughoh, syarhil quran, tari, kaligrafi, dan jurnalistik. Selamat berlibur dan sampai jumpa di semester depan, semoga berhasil di ujian akhir semester kampus. (RM)