Peduli Pencegahan Kanker, Mudaim Adakan Seminar

MC Seminar Pencegahan Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyumbangkan angka kematian tertinggi di dunia. Sampai saat ini, para ahli kesehatan belum mengetahui penyebab pasti timbulnya kanker. Namun, kanker dapat muncul dari tiga faktor pemicu utama, yakni polusi, kimia dan biologis. Hingga kini, terdeteksi kanker yang menyebar ke seluruh tubuh manusia dapat digolongkan menjadi lebih dari 100 jenis kanker. Dari banyaknya jenis kanker tersebut, kanker payudara merupakan penyebab kematian tertinggi dalam kurun waktu tahun 2001 hingga tahun 2010 di Indonesia. Jenis kanker lainnya, yang sama bahayanya, tekhusus untuk wanita, ialah kanker serviks. Penyebab dari kanker ini ialah HPV (Human Papilloma Virus) dan paparan radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka panjang. Hal ini sangat mengkhawatirkan, jika tidak terantisipasi sejak dini, karena akibat yang ditumbulkan cukup fatal.

Pemaparan oleh Pemateri

Mabna Syarifah Mudaim dan Mabna Rusunawa Mahad UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, bekerjasama untuk menyelenggarakan seminar edukasi dan sosialisasi terkait penyakit kanker kepada para mahasantri, khususnya Kanker Payudara dan Kanker Serviks. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 23 November 2019 lalu, dengan tema “Be Stronger Women by Avoiding Cancer”. Seminar Pencegahan Kanker ini salah satu langkah utama guna mengantisipasi dan bentuk perlindungan diri dari bahaya kanker. Acara ini diketuai oleh Zulfa Rusdiana,yang juga merupakan anggota dari Divisi Art, Skill and Language Mabna Syarifah Mudaim.

Pemberian Cinderamata

Acara ini turut mengundang dr. Nina Afiani, Sp. OG., M. Kes.sebagai Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Univesitas Padjajaran, yang kini tengah menjalani profesi mulianya sebagai dokter di berbagai Rumah Sakit. Materi yang disampaikan detail dan cukup menarik. Peserta pun diberikan sesi tanya jawab interaktif dengan beliau. Tak lupa, beliau menyampaikan langkah-langkah pencegahan yang dapatdilakukan oleh para peserta, seperti penerapan hidup sehat dan seimbang sertapemeriksaan kesehatan secara rutin.

Peserta yang bertanya bersama pembicara

Dengan adanya acara ini, diharapkan para peserta seminar mampu melakukan pencegahan sejak dini mengingat betapa ganasnya penyakit kanker ini. Mulai melakukan langkah kecil, seperti mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara rutin.

Remaja Berkarakter! Peduli Kanker! (SA)

Peserta Seminar Pencegahan Kanker